Senin, 29 Oktober 2012

Arti Bunga di Bali


Bunga bagi orang bali tampaknya bisa dimasukan ke dalam kebutuhan sehari-hari. Selain mereka memakainya sebagai bagian dari perhiasan rambut, persembahan sehari-hari, dijadikan bagian dari pewangi ruangan dan tentunya sebagai penghias halaman.
Saya melihat ada beberapa bunga yang sering sekali digunakan di Bali.  Bunga kemboja, yang sering identik dengan hal-hal mistis di daerah-daerah luar bali, sering digunakan sebagai penghias rambut dan pewangi ruangan. Wangi harumnya sebenarnya menenangkan dan sangat khas bali. Menarik sekali bagaimana orang Bali sering menaruh setangkai bunga saja, tapi memberi efek yang luar biasa.
Bunga lain yang cukup sering akan kita lihat adalah Padma atau lotus. Ada beberapa jenis yang tampak disini, walaupun saya belum melihat yang sebesar Padma di kebun raya Bogor. Hampir semua kolam diberi Padma di Bali, dan tidak sedikit pot-pot kecil diisi dengan bunga kebijaksanaan ini. Tapi alasan sebenarnya orang bali senang dengan Padma, lupa saya tanyakan pada teman bali saya. Ga berbakat jadi wartawan deh.
Bunga lain yang lumayan sering digunakan adalah bunga kembang sepatu. Teman Bali saya bercerita bahwa untuk patung Ganesha persembahannya tidak perlu dengan sesajen yang macam-macam, cukup dengan wangi bunga saja, dan tampaknya Ganesha menyukai bunga kembang sepatu ini.
Semua bunga itu menjadikan Bali menjadi sangat menyenangkan untuk ditinggali. Semoga saja orang di bali bisa mempertahankan keterlibatan bunga yang sangat tinggi ini dalam kehidupan mereka selamanya.

2 komentar: